Cara Berkomentar Yang baik di Blog

The Wiskah - Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Berkomentar Yang baik di Blog agar kita menjadi komentator yang layak dibilang manusia, bukan robot!

Cara Berkomentar Yang baik di Blog 


Cara Berkomentar Yang baik di Blog

Pentingnya Sebuah Komentar di Dalam Blog

Kehadiran sebuah Komentar dalam sebuah postingan / artikel blog memang sangat dibutuhkan sekali. Itu menandakan bahwa isi artikel blog kita tersebut benar-benar bermanfaat bagi pengunjung blog. Dan adanya interaksi yang baik antara Visitor dengan Pengelola Blog. Itu kenapa saya menyarankan agar kawan-kawan selalu memberikan komentar kepada blog-blog yang kita kunjungi. Tapi ingat, Komentar harus relevan dan sesuai dengan topik / isi postingan, jangan asal berkomentar.

Jadilah Pemberi Komentar yang Baik dan Sesuai dengan Topik

Kenapa saya menyarankan kepada anda memberikan komentar yang baik dan sesuai dengan topik? Jawaban dari saya adalah agar pengelola blog yang kita kunjungi akan berkunjung kembali kepada blog kita. Kita tidak perlu menulis "Kunjungan Balik" atau "menempelkan link-link blog" pada komentar. Tanpa nulis seperti kalimat tsb, pengelola blog yang kita kunjungi akan berkunjung balik ke blog kita. Justru dengan menulis seperti kalimat tersebut, membuat pemilik blog yang kita kunjungi jadi malas datang, atau komentar yang kita tulis malah di hapus. 

Gunakan Bahasa Yang Sopan

Sopan adalah sebuah etika yang telah lama diajarkan oleh nenek moyang kita hingga diajarkan dalam sebuah pelajaran sekolah. Artinya, tidak hanya dunia pendidikan saja yang mengajarkan kita untuk selalu berlaku sopan. Namun dunia pun selalu mengajarkan kita untuk selalu bersikap sopan kepada siapa saja yang kita temui, dimana saja dan kapan saja tentunya.

Begitu juga ketika kita sedang berkomentar, peganglah sebuah ajaran nenek moyang ini dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga ketika sedang berkomentar di blog orang lain.

Kenapa? Setiap orang memiliki perasaan yang berbeda-beda, anda, saya dan semua orang yang memiliki blog pun tidak ingin ada kata-kata kasar yang nyasar masuk kedalam komentarnya. Bisa jadi saya atau anda semua akan marah, ketika ada kata-kata kotor atau kasar yang di tuliskan didalam blognya.

Walaupun, isi artikel yang ditulis mungkin berisikan kontroversi dengan pemikiran anda sendiri. Karena setiap manusia memiliki daya dan kekuatan berfikir yang tidak sama. Maka tugas kita hanyalah menghargainya, bukan mencelanya. Jika kita menemukan sebuah pemahaman atau kesalahan didalam artikel yang kita baca, maka kita boleh mengingatkannya. Namun tetap harus menggunakan tata bahasa yang sopan dan tidak menyinggung satu sama lainnya

Selalu Berkomentar

Saya pernah belajar dari sebuah blog profesional, dimana hasil belajar yang saya dapatkan adalah "Selalu Berkomentar".

Kenapa? Saya dan anda semua tentunya sering blogwalking untuk mencari ilmu dan belajar hal lain didunia blogging. Dan saya yakin anda sering melupakan satu hal yang selama ini entah sengaja atau memang anda lupakan. Apa itu? Yaitu selalu berkomentar, anda belajar dan membaca artikel tersebut, namun anda tidak mengucapkan rasa terima kasih anda atas ilmu yang anda dapatkan.

Komentar ini akan menjadi sebuah motivasi bagi para pemilik artikel blog, karena dengan adanya komentar yang baik dan sopan maka ia akan menjadi lebih semangat lagi. Karena artikelnya ada yang membaca dan berguna bagi orang lain. Tentu anda juga mengharapkan hal ini bukan? Anda ingin blog anda ramai dengan komentar orang yang berkunjung? Maka anda harus berkomentar terlebih dulu di blog orang lain juga.

Cara berkomentar itu sederhana koq, anda cukup ucapkan terima kasih, atau artikel ini menarik atau memuji sedikit saja untuk pemilik blog, saya yakin mereka akan berterima kasih kembali kepada anda semua. Dan tidak menutup kemungkinan mereka pun akan berkunjung kembali ke blog anda sendiri. Bagaimana? Mudah bukan?
 

Jangan Meninggalkan Link Hidup (Link Live)

Sedikitnya telah saya kutip diatas. Tinggal adan menyimpulkan sendiri bagaimana menurut anda saja. Saya dan anda semua tentunya tidak ingin ada blogger lain, yang berkomentar hanya nyepam saja di blog kita.

Seolah-olah, blog kita adalah kotak sampah yang isinya hanya untuk mencari blacklink melalui komentarnya. Perlu kita pahami bahwa, mencari blacklink untuk blog sekarang ini bukan hanya melalui berkomentar, ada banyak cara yang lebih tepat untuk mencari blacklink seperti submit ke berbagai media sosial dan juga situs otoritas lainnya.
 

Jangan Out Of Topik

Apa itu Out Of Topic atau sering di singkat OOT? OOT ini adalah komentar atau sebuah pertanyaan yang gak nyambung atau keluar dari jalur pembahasan artikel blog. Nah, maka cara berkomentar yang baik adalah dengan memperhatikan 3 point diatas dan juga harus sesuai dengan pembahasan artikel yang sedang anda baca.

Biasaya, para blogger menyediakan ruang terpisah untuk mereka yang berkomentar namun komentarnya keluar dari tema yang sedang dibahas. Biasanya mereka membuat sebuah ruang ngobrol atau group chat untuk membahas beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung blognya.


Jadi intinya ; Jadilah komentator seoerti manusia, bukan seperti robot !
Terimakasih telah membaca artikel saya tentang Cara Berkomentar Yang baik di Blog semoga bermanfaat !

0 Response to "Cara Berkomentar Yang baik di Blog"

Posting Komentar