Footer Widget #1

Jumat, 30 Oktober 2009

Pengertian Eksposisi


Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.
Berikut ini adalah pengertian tentang Eksposisi secara detail.........

  1. Eksposisi adalah salah satu benntuk tulisan atau retorika yang berusaha menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.
  2. Eksposisi merupakan bentuk retorika yang sering dipergunakan dalam menyampaikan uraian-uraian ilmiah popular dan uraian-uraian ilmiah lainnya yang tidak berusaha mempengaruhi pendapat orang lain.
  3. Eksposisisi hanya berusaha menegaskan dan menerangkan suatu pokok persoalan.
  4. Dalam eksposisi atau pemaparan ,penulis menyerahkan keputusannya kepada pembaca.
  5. Pada Eksposisi rasa frustasi pada penulis tidak ada atau sekurang-kurangnya tidak kelihatan ,karena ia memang tidak bermaksud untuk mengundang reaksi,ia sama sekali tidak bermaksud mempengaruhi sikap dan pendapat pembaca.
  6. Eksposisi akan lebih senang mempergunakan gaya yang bersifat informasi. Gaya ini hanya berusaha untuk menguraikan sejelas-jelasnya obyeknya, sehinggapembaca dapat menangkap apa yang dimaksudkannnya.
  7. Eksposisi ditulis dalam bahasa berita,tanpa rasa subyektif dan emosional. Maksudnya,penulis sama sekali tidak berusaha membangkitkan emosi para pembaca.
  8. Pada eksposisi,fakta-fakta hanya dipakai sebagai alat konkkritisasi yaitu membuat rumusan dan kaidah yang dikemukakan itu lebih konkrit.
  9. Pada hakekatnya, eksposisi berusaha untuk mmeperluas pandangan dan pengetahuan seseorang mengenai obyek yang digarapnya. Oleh sebab itu dalam usaha mencapai tujuan tersebut,seorang pengarang yang ingin menulis sebuah eksposisi harus memenuhi syarat-syarat berkut:
  • Penulis harus mengetahui serba sedikit tentang subyeknya.Dengan mengetahui serba sedikit tentang subyek yang akan digarapnya, ia dapat memperluas pengetahuannya mengenai hal itu, entah melalui penelitian lapangan, wawancara, atau melalui penelitian kepustakaan.Dari hasil penelitiannya itu ia mengumpulkan bahan sebanyak-banyak,dievaluasi,untuk kemudian ditampilkan dalam tulisannya itu.
  • Menulis eksposisi dengan baik adalah dengan cara kemampuan untuk menganlisa persoalan tersebut secara jelas dan konkrit.Bahan yang dikumpilkan hanya merupakan bahan mati,bahan ramuan,yang tak berguna bagi tangan-tangan yang tidak ahli.Bahan yang dikumpulkan dengan berbagai cara di atas,harus diolah,diseleksi,dievaluasi,dan dianalisa untuk dituangkan dalam sebuah karangan yang berbentuk final.Semakin baik evaluasi dan analisa yang diadakan,semakin baik nilai eksposisi yang ditulisnya.

3 komentar:

kaka req artikel tentang jaringan warnet dunk...
saya newbie di bidang warnet...
tentang pembagian bandwits ato yg lain na...
ea kk...
kirim za ke alamat email : kiurakazama@ymail.com
saya tunggu ea kaka...

.makasih yach...,, brkat blog ini sya jdi bsa' krjain tugas dech..,,,. :) :) :)

thanks kk, infonya bagus nih.

Poskan Komentar

sebelumnya saya mohon maaf apabila ada comen yang bernada spam atau porno akan saya hapus...
sebelumnya terimakasih........
oh ya...klo bisa nanti kalau mau posting pake open id and URL...
agar bisa saya mampir ke blogs or web anda,,,

NB: jangan lupa gosok gigi ya and jangan lupa vote postingnya.........

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More